Dampak Stres Bagi Kesehatan Jantung Anda

Dampak Stres bagi kesehatan kita. Sering kita dengar kata-kata stress. Benar … Stress bukanlah hal yang asing lagi ditelinga kita. Rasanya setiap kita sudah biasa bahkan stress pun hinggap hampir di setiap orang atau paling tidak setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya penyakit modern yang satu ini.

 

Tetapi apakah Anda mengetahui bahwa dampak stres bagi kesehatan sangat mempengaruhi organ jantung kita? Saat seseorang mengalami stress maka pikiran berfokus pada hal-hal yang menjadi masalah utama dalam lingkaran permasalahan tersebut. Hal ini menimbulkan akibat stress bagi kesehatan yang semakin negatif. Dan mengupayakan untuk menghindari stress

 

Dampak Stres bagi kesehatan

 

Apakah Dampak Stres Bagi Kesehatan Kita?

Tahukah Anda bahwa seseorang yang mengalami Stress akan dapat meningkatkan risiko besar terhadap terkena penyakit jantung koroner. Dan ini merupakan dampak stres bagi kesehatan  yang sangat merugikan.

 

Stres itu sendiri dapat mempengaruhi sistem peredaran darah dan saraf dalam tubuh kita. Suatu penelitian menyatakan bahwa stres akut ikut memicu berkurangnya aliran darah ke jantung. Sehingga akan meningkatkan terjadinya pembekuan darah pada jantung. Semua hal ini akan memicu terjangkitnya penyakit kardiovaskuler.

 

Jika anda sudah memiliki aterosklerosis atau penumpukan plak pada pembuluh darah, maka stres akan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya nyeri di dada yang disebabkan peredaran darah di jantung berkurang atau tidak lancar sehingga jantung menjadi kekurangan oksigen dan dalam waktu bersamaan itu, jantung harus memompa darah dengan lebih cepat. Biasanya saat ini jantung akan berdegub cepat.

 

Dampak Stres Bagi Kesehatan Jantung

Hubungan antara penyakit jantung dengan stress ini sangat berpengaruh. Karena apabila kita sering mengalami stress atau suatu depresi maka kinerja organ jantung akan menjadi tidak stabil. Ada banyak sekali hubungan antara dua penyakit tersebut sebagai akibat dari dampak stres bagi kesehatan.

 

Antara satu dengan lainnya bisa saling berkontribusi terhadap perkembangan satu sama lainnya, dan juga saling menggangu pengobatannya. Dibawah ini adalah beberapa hubungan penyakit jantung dengan stress yang patut Anda diketahui.

 

1. Stress akan dapat mempengaruhi irama jantung, meningkatkan tensi atau tekanan darah, menyebabkan penggumpalan darah dan menyebabkan peningkatan tekanan hormon secara kronis. Menurut American Heart Association ,ditemukan bahwa stress ini bisa menyebabkan orang menjadi kurang memperhatikan nutrisi dan kesehatan secara keseluruhan lagi.

 

2. Sress sering terlihat pada orang-orang yang pernah terkena serangan jantung atau yang pernah menjalani Cardiopulmonary Bypass Surgery (pengalihan fungsi jantung dan paru-paru selama operasi). Data dari NIMH menunjukan bahwa 1 dari 3 orang yang selamat dari serangan jantung pernah bertarung dengan stress selama masa pemulihan.

 

3. Stress juga akan membuat orang yang mengidap penyakit jantung jadi lebih sulit untuk menjalankan proses pengobatannya,  dan mematuhi pola makan sesuai resep dokter dan olahraga rutin. Dan hasilnya, orang yang mengidap stress ini sekaligus penyakit jantung akan diprediksi menjadi lebih lama untuk sembuh (data dari Cleveland Clinic Journal of Medicine). Selain itu orang yang dengan menderita penyakit jantung cenderung lebih negatif terhadap prediksi tersebut, yang mana akan memperburuk stress nya juga.

 

4. Penyakit jantung dan stress adalah penyakit yang sangat serius. Untung saja, dua penyakit tersebut seringkali dapat dikendalikan melalui pengobatan dan perubahan gaya hidup yang lebih teratur dan terkontrol. Jika Anda pernah didiagnosa mengidap salah satu atau bahkan dua kondisi tersebut, konsultasikan baik-baik dengan dokter Anda. Hal ini bertujuan agar dapat menemukan pengobatan dan pilihan gaya hidup yang tepat sehingga dapat dicegah hal-hal yang merugikan.

 

Ini sekilas informasi tentang hubungan dampak stress bagi kesehatan jantung yang patut kita ketahui bersama dan menjadi waspada akan hal tersebut. Mulai sekarang sebisa mungkin Anda harus bisa menghindari stress atau depresi agar terhindar dari penyakit jantung. Atau sekurang-kurangnya dapat mengontrol kondisi pikiran agar tidak sering mengalami stress dan membawa akibat stress yang semakin parah.

 

Untuk menghindari akibat stress atau dampak stres yang semakin parah, Anda dapat menggunakan kalung quantum pendant GALAXUR yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top