Cara mengatasi nyeri haid yang perlu diketahui oleh para wanita.

Nyeri haid merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Biasanya nyeri ini terjadi pada awal masa-masa haid. Bisa ringan tetapi pada sebagian wanita bisa saja nyerinya berat.

Nyeri haid sebenarnya merupakan hal yang sangat wajar. Walaupun hal ini membuat sangat tidak nyaman, karena dirasakan mengganggu untuk melakukan aktivitas.

 

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Penyebab Nyeri Haid & Cara Mengatasi Nyeri Haid

Penyebab Nyeri Haid

Hal utama sebagai penyebab nyeri haid yang perlu diketahui adalah terjadinya kontraksi otot dinding rahim pada saat haid. Sebenarnya kontraksi otot dinding rahim ini terjadinya bisa setiap saat dan itu adalah wajar. Hanya saja jika tidak sedang haid, kontraksi ini sifatnya sangat lembut hingga nyaris tidak dirasakan.

 

Tetapi pada saat menstruasi kontraksi ini terjadinya lebih kuat. Hal ini disebabkan oleh karena adanya suatu proses yaitu pengguguran pembuluh darah yang menebal di tempat dinding rahim tersebut. Sehingga pada akhir hal tersebut menimbulnya rasa nyeri. Tetapi ingat bahwa hal ini adalah hal yang wajar.

 

Tetapi apabila nyeri haid yang Anda alami timbulnya hebat, adalah sangat disarankan melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih dalam.

Berikut adalah Cara Mengatasi Nyeri Haid

1. Mengompres perut dengan air hangat

Melakukan kompres dengan menggunakan air hangat pada perut skitaran rahim (dibawah pusar) akan membuat rasa nyaman. Rasa nyaman ini ditimbulkan karena otot sekitar abdomen akan menjadi lebih kendur dan rileks. Sehingga rasa nyeri atau tidak nyaman pada perut menjadi berkurang.

2. Minum air hangat

Perhatikan selama haid atau menstruasi lebih baik apabila anda menghindari minum minuman yang dingin atau es. Karena akan membuat otot-otot perut menjadi menegang dan tidak nyaman. Sebaliknya mengkonsumsi air hangat sangat baik bukan hanya untuk pencernaan, tetapi akan membuat peredaran dan metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

3. Minum jamu kunyit asam

Ramuan kunyit asam ini merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang dipercaya mampu mengurangi nyeri haid.

 

4. Gunakan minyak oles atau balur dengan minyak yang hangat saat sebelum tidur malam.

Gunakan minyak kayu putih atau anda bisa menggunakan minyak balur yang lain seperti memanfaatkan minyak Kutus Kutus.

5. Gunakan kalung Kesehatan Galaxur .

Yang terakhir, apabila nyeri haid ini sering terjadi, maka anda bisa pula mempergunakan kalung kesehatan Galaxur. Energi dari kalung Galaxur ini akan membuat nyaman perut yang kram dan nyeri saat haid. Sekaligus membuat badan anda lebih bugar.